Jumat, 30 Desember 2011

Krittiikkk ^^


Mabuk Itu Bahaya!
Seperti yang kita ketahui mabuk mabukan itu sangat berbahaya bagi kesehatan. Untuk itu janganlah sekali-kali kita mencoba mabuk-mabukan  apalagi sampai membuat kita tidak sadarkan diri dan yang lebih berbahaya lagi adalah akibat fatal yang menimbulkan  kematian.
Dalam cerpen berjudul “Prosesi” karya dari M.Shoim Anwar, Guru SMA Alhikmah, Jalan Kebonsari Elveka V Surabaya, Jawa Timur. Diceritakan tentang prosesi perawatan jenazah orang yang suka mabuk-manbukan dan dalam cerpen ini ceritanya beralur flash back  atau alur mundur sehingga yang diceritakan bukan langsung prosesi perawatan jenazah melainkan tokoh-tokoh yang berperan didalamnya membawa cerita ini ke masa sebelum sang jenazah meninggal dunia. Orang yang suka mabuk-mabukan pada masa hidupnya ini sangking seringnya mengkonsumsi minuman keras maka tak heran jika dia harus kehilangan nyawanya sendiri dengan minuman yang haram itu .Kita telah mengetahui bahwa kelakuan tokoh utama dalam cerpen ini tidak perlu diteladani dalam kehidupan kita, hal itu sudah jelas tergambar dan tentunya sudah diajarkan kepada kita tentang dampak buruk yang akan jika kita sudah mabuk-mabukan.
Tegas juga sudah disampaikan pada ajaran agama bahwa minuman keras itu haram hukumnya , yang artinya bahwa dilarang kita mengkonsumsinya selain dapat merugikan diri kita sendiri yaitu dapat menganggu kesehatan kita dan kita juga mendapatkan dosa yang besar dalam hitungan amal buruk kita. Jadi, kita harus menjauhkan diri kita dengan barang-barang haram itu dan tidaklah sulit menanamkan pada diri kita tentang bahaya besar yang terjadi jika kita berani untuk mengkonsumsinya, sehingga tergerak pada diri kita untuk tidak mengkonsumsi minuman haram itu…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar